Selasa, 21 April 2015

Let’s go to Bali!



Akhirnya datang juga kesempatan yang ditunggu, liburan ke Bali! Uhuyy!!

Ini kali ketiga saya pergi ke Bali, yang pertama dan kedua dalam rangka acara kantor (serba gratis dan itinerary pun sudah dijadwal), yang kali ini bersama si Ayah, Kaka dan Adik (bayar sendiri..hiks..itinerary disusun sendiri – bikin pusing tujuh keliling). Demi mempertimbangkan Kaka sama Adik yang masih pada balita dan baby bala-bala, itinerary pun ditetapkan ke beberapa tempat yang sekiranya ramah anak, pantai di Uluwatu, danau di Bedugul, pulau penyu di Benoa dan Bird Park di..mana ya?? Yah sekitaran Batubulan situ deh…hehehe…

Kami berangkat hari Minggu sore, flight jam 6 WIB, sampe Bali jam 9 WITA, sudah gelaaapppp, dijemput sama shuttle hotel, cusss meluncur menuju penginapan, Ka***la di Sanur. Front office yang menyambut kami menjelaskan semuanya dengan super ramah, kemudian mengantar kami ke kamar. Kami mendapat kamar di lantai dasar, bagian depan dari hotel, judulnya one bedroom suites, dipilih karena review nya yang oke dan gambarnya yang menggoda…tapi oh tapi kok tidak sesuai dengan kenyataan ya? One bedroom suite ini besaaaaarrrr, di bagian depan ada Jacuzzi nya, kemudian ada pintu kaca yang memisahkan ruangan ber-jacuzzi dengan kamarnya. Kamar terdiri dari ruang duduk dengan sofa yang besar, ranjang yang super empuk, kamar mandi yang terdiri dari 2 wastafel, bath tub, dan standing shower. Kemudian di bagian belakang kamar sedikit space untuk lemari pakaian yang terdiri dari 4 pintu. Masalah pertama adalah cukup banyak nyamuk di dalam kamar, (sehingga) disediakan obat nyamuk semprot dan elektrik (yang tidak berfungsi), lalu salah satu wastafel bocor (sehingga) membasahi lantai ketika digunakan. Buat saya yang cukup sensi dengan bau-bauan, kamar ini menguarkan aroma yang kurang sedap, aroma apek, not too mention the sofa, ampyun dijeh! Berhubung sudah malam, cape, laper (dan ternyata room service nya ngga 24 hour sodara-sodara – oh no! Kami pun order Mc Donald aja gitu deh…) saya pun tertidur dengan manisnya.

Day 1 – Back and forth Monday
Subuh-subuh si Adik rewel, nangis kejerrr, diajak keluar sama Ayah, tapi ngga lama balik ke kamar, si Adik ternyata gumoh, tapi udah ngga nangis…kembung kayanya si doi, habis itu dia anteng dan mulai celingak celinguk. Tak lama Kaka pun menyusul bangun, dan kami siap-siap untuk sarapan.
Ayah, Kaka sama Adik sudah duluan, saya menyusul kemudian. Sampai di tempat makan – yang berdekatan dengan kolam berenang, saya bertanya sama si Ayah, “Makannya dimana Yah?”
“Itu pesan disana,” sambil menunjuk ke arah bar.
“Loh, ngga buffet?”
“Engga.”
doengggggg…buat saya yang penyuka makan, sarapan buffet di penginapan adalah salah satu hal yang saya nantikan dengan sepenuh hati (weks…) ketika mengetahui sarapannya ternyata ala carte, rasanya dunia ini runtuhhh – maafkan paragraph yang amat lebay ini ya…

Singkat cerita, saya sangat tidak puas dengan si penginapan, dan mengajak Ayah buat cari penginapan lain. Ayah setuju-setuju aja. Setelah sedikit berbelit dengan front office, kami pun diijinkan untuk check out. Browsing-browsing dan tanya-tanya, pilihan pun dijatuhkan kepada Novotel Nusa Dua, yeayy! Bye bye nyamuk!

Mandi-mandi, beres-beres dan siap-siap, jemputan tlah datang, tante tesitel Henny yang cantik dan baik hati sudah menanti, siap mengantar kami berkeliling Bali…huhuy! Agenda pertama adalah mencari makan siang, tante Henny mengusulkan makan di Ayam Betutu Gilimanuk, setuju aja deh, laper melanda dengan dahsyat ini… 

Ternyata Bali itu panas ya sodara-sodara (dikira kaya Bogor kali ya – hadeuh…) alhasil saya salah kostum dengan gamis panjang berbahan spandek, pun si Kaka yang saya bekali dengan atasan-atasan lengan panjang. Saking gerahnya, si Kaka sampe buka atasan dan hanya mengenakan kaos dalam ketika sedang makan di Ayam Betutu.

Oya, kami memesan ayam betutu kuah, bebek betutu kuah, ayam goreng, dan soto Surabaya. Buat saya, ayam betutu kuahnya enak, tapi ngga ruar biasa, malah lebih ruar biasa si kangkung, sambel, dan kacang. Soto surabaya nya enaaakkk dan seger…

Selesai makan, saya minta diantar mencari baju (besok agendanya mau ke pulau penyu, ngga kebayang naik perahu dengan gamis spandek, panas-panas pula) si Kaka pun juga perlu beli kaos lengan pendek yah…wokeh, tante Henny siap mengawal kemana pun hehehe…selesai mencari baju di Discovery Mall yang cukup melelahkan, waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore (kurang lebih)…ihiks, belum kemana-mana inihhh…langsung tancap gas ke Bird Park. 

Bird park nya jauuuhhh dari Kuta euy…sampe sana udah jam 4 ajah, gerimis pula, dan ngga bawa payung…kata mba yang jual tiket, “Semua show sudah habis bu, kami tutup jam setengah 6, sayang, besok aja kesini lagi…” yah apa boleh dikata…

Kami pun mengantar tante Henny pulang ke Sanur dan melanjutkan perjalanan menuju hotel, cape to the max! Alhamdulillah hotelnya sesuai dengan harapan dan nyaman. Cepet-cepet mandi, makan, dan segera tiduuuurrrr…sambil sebelumnya ngomong ke Ayah, “Yah, besok kita di hotel aja ya, berenang, ke pantai, ngga usah kemana-mana deh…” Ayah langsung setuju, cape juga si doi soalnya hehehe…

Day 2 – Relaxing and enjoying
Pagi ini saya dag dig dug menanti breakfast – again, lebay…daaannn kenyataannya sungguh membuat hati saya berbunga-bunga! Berbagai macam makanan terhampar di depan mata, cihuyyyy!! Selesai sarapan yang super santai, kami berangkat ke pantai. Novotel memiliki private beach yang ditempuh dengan menaiki shuttle (disediakan oleh hotel) – ngga jauh sih, ngga sampe 5 menit juga sampe. Pantainya bersih, ngga rame, tapi ada beberapa tukang dagang (yang menawarkan sarung sama si Ayah, kata Ayah sarungnya mahalll). Buat saya yang jarang sekali ke pantai, ombak disini cukup menggetarkan jiwa – si Kaka hampir lepas dari pegangan saya ketika sedang bermain ombak. Si Kaka pun langsung menangis dan ngambek ngga mau main ombak lagi, dan memilih bermain pasir di pinggir. Saya dan Adik tidak berlama-lama di pantai, cukup panas buat si Adik dan tampaknya ia pun mengantuk. Kami berdua kembali ke hotel, Kaka dan Ayah tetap di pantai. Dalam perjalanan pulang Adik pun tertidur.

Sore harinya, Ayah mengajak jalan-jalan ke arah Kuta, cari makan dan mengambil pesanan kue lapis di Lapis Harum yang buat saya super duper enak. Pengennya sih nyobain kuliner khas Bali, yang kalo dari browsing modelnya tuh warung-warung gitu. Tapi apa daya, Kaka ngajaknya makan di tempat AC, ke mall lagi deh kita (hiks…) 

Pilihan kali ini adalah Mal Galeria, yang ternyata cukup nyaman ya… ada taman terbuka di tengahnya dengan bangku-bangku di taman tersebut. Ada juga mainan anak-anak berupa kereta, si Kaka dan Adik sempat mencoba naik kereta tersebut. Mal ini tidak terlalu besar, pilihan makanan pun cukup beragam. Kami memilih makan di Bakmi Naga (di Bogor juga ada padahal…)

Selesai makan, kami kembali ke hotel. Dalam perjalanan kembali ke Nusa Dua, saya melihat retoran padang yang cukup besaaarrr, Natrabu namanya, padahal dari kemaren malem kepengen makanan padang… ko ya ngga kelihatan sih… sampe di hotel, basuh-basuh dan istirahat, Alhamdulillah hari ini cukup menyenangkan… mari kita tidur…

Day 3 – It’s time to go home
Rutinitas pagi seperti biasa, mandi, sarapan dan siap-siap pulang. Kaka masih sempat berenang sebentar di kolam kecil yang baru saja ia temukan. Ayah masih mengajak mampir ke Lapis Harum, mau beli buat orang kantor katanya, bukan sekalian kemaren si Ayah mah… tapi sepertinya ngga keburu, daripada ketinggalan pesawat… untungnya ada tante tesitel Henny yang super baik hehe… tante Henny nawarin buat beliin si Lapis Harum ini, sip lahh…

Dari hotel ke bandara ternyata hanya 15 menit saja, deket, lancar, ngga pake macet, nikmatnya… ketemu tante tesitel Henny, cupika cupiki, foto-foto dan saying goodbye, makasih banyak ya tante, uda ditemenin jalan-jalan, disewain mobil, dan dibeliin kue. See you soon ya… di Bali lagi kah, Jakarta atau Bogor? Hehe… 

Bandara Ngurah Rai yang sudah renovasi menawarkan banyak jajanan dan kuilner yang tampaknya menggoda selera… tapi saya terlalu cape untuk mampir-mampir lagi, jadilah cuma duduk di waiting area sambil gendong si Adik yang bobo (kemudian cenghar di pesawat dan ngga bisa diem -_-‘). There goes my holiday, Alhamdulillah.

Notes
Liburan ke Bali nya sangat tidak sesuai dengan itinerary, bahkan bisa dibilang tidak ada itinerary yang terlaksana. Kayanya kalo liburan bawa balita dan bayi, stay di hotel aja cukup kali ya, berenang-berenang, main ke pantai, leyeh-leyeh… tapi ada faktor salah kostum juga sih kemaren, jadi ada sebagian waktu yang kepake buat cari baju, yang mustinya bisa dipake buat jalan-jalan di Bird Park (mungkin) secara udara Bali begitu membaraaaa… yah mudah-mudahan bisa jalan-jalan ke Bali lagi deh – atau ke tempat lain juga ngga papa… amiinn… colek si Ayah hehe…

Minggu, 05 April 2015

Adik - 5 bulan

Sebenernya telat yaaa buat menuliskan 5 bulannya si adik..karena minggu depan doi uda 6 bulan..tapi daripada engga..niat awalnya sih tiap bulan mau ditulis perkembangannya, tapi ya gitu deh, tau tau uda 5 bulan aja..
Okey, kita mulai aja, better late than never, they say..
Si adik yang sekarang umurnya 5 bulan, BB nya mulai stagnan..huhu..ditimbang ko beratnya 8kg ajaaa..itu dr umur 4 bulanan, padahal kan minggu depan juga uda 6 bulan..dan katanya setelah makan, BB nya akan semakin sedikit kenaikannya..hiks..
Tapi panjangnya bertambah, sekarang sekitar 64cm, adik jd kelihatan cukup langsing hehe..dan kata bu dokter Dewi Amirasari, yang penting adalah perkembangan lingkar kepalanya, sekarang 43cm, aman katanya..
Semakin heboh glundung2 nya, uda susah banget ditaro buat terlentang -bener ngga ini bahasanya..tiap ditaro pasti langsung balik badan deh..mommy susye nih pakein baju kamu nak..
Clingak clinguk nya juga semakin meningkat, semua diliat, dipegang daann dimasukkin ke mulut..hadehh..
Oya, masih belajar duduk sendiri, duduknya belum bisa tegak, doyong ke kiri dan ke kanan, terus ngga lama tumbang..hehe..tapi kakinya uda jejek buat berdiri, seringnya minta berdiri..mommynya diinjekin -_-
Ngga bisa diem banget, di ranjang usel2 kesana sini, digendong gerak2 kemana2..lagi bobo aja dia glundung2 dari satu ujung ke ujung yang lain..diemnya kalo lagi mimi ajah..gapapa, yang penting sehat selalu ya nakk, mommy loves you so much =*

Senin, 23 Maret 2015

Ekspres Breakfast for Kaka




Buka kulkas, masih ada macaroni rebus, campuran telur-susu-garem bekas ngoles roti kemaren, mari kita karyakan daripada mubazir yaa..

Si campuran telur ditambahin telur 1 lagi, susu cair, keju parut, merica, oregano, sosis, aduk2, cemplungin makaroninya, aduk2 lagi. Kali ini saya pake cetakan muffin untuk memanggang si macaroni. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin, karena judulnya dadakan, adonan ngga begitu banyak, jadi cetakan yang terisi pun hanya beberapa, tapi ngga masalah. Setelah dituang, taburi dengan keju parut dan beri oregano lagi sedikit. Panggang dengan oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit. Saya menggunakan api bawah, tapi kemudian ditambah dengan api atas sebentar karena kurang garing atasnya.
Voila, dalam waktu kurang lebih setengah jam, macaroni ini pun selesai dan bisa dinikmati..yummyy! 

Pada saat makan, terjadi pembicaraan serius antara saya dan si Kaka..

“Mommy, kenapa sih manyun aja?”
“Habis Kaka makannya susah sih..mommy kan jadi sedih udah bikinin sarapan buat Kaka”
“Mommy jangan manyun aja ya, aku kan sayang sama mommy..” lalu si Kaka melihat kearah kaki saya dan bilang lagi, “Tuh liat, kaki mommy uda keriput, jangan manyun aja ya…”
gubrakk!! Ngga jadi manyun deh.. 

Kamis, 19 Maret 2015

Macaroni Schotel 250




Masih dalam rangka ulang tahunnya si Ayah…

Macaroni schotel aka macschot ini adalah salah satu makanan andalan di rumah, bahannya (hampir) selalu ada, gampang bikinnya, rasanya ngga pernah gagal2 amat, daaann si Kaka suka (ini yang paling penting – balada anak suka susah makan).

Selama ini kalo bikin macschot, ngga pernah pake takeran, cemplang cemplung aja, walhasil rasanya ngga pernah sama persis, tapi tetep enak kok…
Nah kemaren iseng2 mau coba pake takeran dengan angka 250 di atas, maksudnya semuanya mau serba 250, tapi ternyata tidak bisaaaaaa…
Salah satu tips supaya si macschot ini cepet jadi adalah membuat tumisan daging beberapa hari sebelumnya. Tumisan ini bisa disimpan di kulkas atau di freezer untuk daya tahan yang lebih lama. Tumisan daging ini juga bisa dipakai sebagai teman untuk menyantap pasta, lumayan bisa dibilang fast food dengan gizi yang cukup. Oya, macschot ini juga menggunakan saus tomat yang saya buat dari tomat asli, tanpa tambahan saus tomat botolan ataupun pasta tomat.

Hummm jadi ada 3 resep dalam 1 hidangan ini, resep tumisan daging, resep saus tomat dan resep si macschot ini sendiri. Masing-masing resep bisa dibuat terpisah untuk kemudian disimpan, diolah menjadi macschot ataupun disantap begitu saja.

Macaroni Schotel
Bahan:
  • 250 gr daging cincang
  • 250 gr keju -> 200 gr untuk campuran, 50 gr untuk taburan
  • 2 buah telur ukuran sedang -> kocok lepas
  •  400 ml susu cair tawar
  •  4 buah tomat ukuran besar berwarna merah
  •  2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang bombay, cincang kasar (bisa dimasak bersama daging atau dimasukkan sesaat sebelum proses pemanggangan)
  • 1 sdm minyak goreng
  • garam
  • merica
  • gula
  • oregano
  • air secukupnya

Proses:
  1. Saus tomat : rebus air hingga mendidih, masukkan tomat, pastikan terendam semua, cukup rebus selama 30 detik, angkat dan langsung rendam ke air es atau air keran yang mengalir. Setelah dingin, kupas kulit tomat dan cincang, bisa kasar atau halus sesuai selera. Selengkapnya untuk membuat saus tomat bisa dilihat disini (http://veggiewayindonesia.blogspot.com/2015/02/veggies-recipe-soun-dalam-sarden-saus.html)
  2. Rebus air hingga mendidih, masukkan garam, minyak goreng dan macaroni. Masak selama kurang lebih 5-10 menit, angkat dan tiriskan airnya.
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan daging, masak hingga berubah warna.
  4. Masukkan saus tomat, garam, gula, merica, oregano, aduk-aduk, kecilkan api. Masak daging hingga tingkat kekentalan yang diinginkan (saya suka tekstur yang masih cukup banyak kuahnya, tapi juga tidak basah banget). Jangan lupa dirasakan ya, sesuaikan rasa dengan selera masing-masing.
  5. Sambil menunggu daging matang, nyalakan oven dan panaskan selama kurang lebih 10 menit, dengan suhu 180 derajat celcius.
  6. Di wadah terpisah, satukan semua bahan, macaroni yang sudah direbus, tumisan daging, susu cair, telur dan keju. Aduk-aduk sampai semua tercampur, tuang ke loyang/pinggan tahan panas, ratakan dan beri parutan keju di atasnya. Bila suka bisa ditambahkan sedikit oregano bubuk juga.
  7. Panggang macaroni selama kurang lebih 30 menit dengan suhu 180 derajat celcius.

Catatan:
Takaran di atas bisa dimodifikasi sesuka hati ya, kembali lagi ke selera masing-masing. Jika suka keju maka takaran kejunya bisa ditambah, jika suka macschot dengan tekstur lembut, susu cairnya bisa dilebihkan, daging cincangnya bisa diganti dengan ayam atau tuna. Tidak usah takut berkreasi dan mencoba-coba ya…dari pengalaman saya, resep macschot ini tipis sekali kemungkinan gagalnya hehehe…have fun!

Happy Birthday Ayah


Kaka sekolah, Adik bubu..mari menulisss...

Bulan Februari kemarin, Ayah ulang tahun, berhubung lagi seneng uplek2 di dapur, semangatlah buat bikin kue sendiri, ngga lupa ajak si Kaka biar tambah seru.."nanti aku yang pecahin telor nya ya mamii"

Browsing2 resep, nemu resep RVC dari blog nya mba Hesty, yg sepertinya cukup gampang karena ngga pake mikser, tinggal campur2 dan uplek2..cuma agak ripuh waktu nyiapin bahannya karena lumayan banyak juga, tapi abis itu bener tinggal dicemplung2, kocok2 pake balloon whisker, tuang ke loyang dan masukkin ke oven deh..
taraaaa jadilah si RVC yang lebih tepat disebut CVC karena warnanya lebih ke coklat..huhuhu..tapi tekstur nya lembuut, rasanya mantapp, overall cukup puas dengan eksperimen kali ini.

Untuk resepnya bisa dilihat disini ya (http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2013/02/red-velvet-cake.html), saya cuma bikin 1/2 resep dan pake buttercream aja karena itu yang lagi ada di rumah.
Have fun!

Kaka's story

Suatu siang ketika Mommy dan Kaka lagi naik motor...pas lewat pangkalan ojek, si Kaka komen,
"Mommy, tukang ojeknya tadi melototin aku..."
"Oh ya? Kenapa dia melototin Kaka?"
"Soalnya aku lucu..."
wakwaawwww...

Hijrah

Sepertinya..akhirnya..memutuskan hijrah dari wordpress..si blogpost lebih user friendly tampaknya..mari mari...