Akhirnya datang juga kesempatan
yang ditunggu, liburan ke Bali! Uhuyy!!
Ini kali ketiga saya pergi ke
Bali, yang pertama dan kedua dalam rangka acara kantor (serba gratis dan
itinerary pun sudah dijadwal), yang kali ini bersama si Ayah, Kaka dan Adik
(bayar sendiri..hiks..itinerary disusun sendiri – bikin pusing tujuh keliling).
Demi mempertimbangkan Kaka sama Adik yang masih pada balita dan baby bala-bala,
itinerary pun ditetapkan ke beberapa tempat yang sekiranya ramah anak, pantai
di Uluwatu, danau di Bedugul, pulau penyu di Benoa dan Bird Park di..mana ya??
Yah sekitaran Batubulan situ deh…hehehe…
Kami berangkat hari Minggu sore,
flight jam 6 WIB, sampe Bali jam 9 WITA, sudah gelaaapppp, dijemput sama
shuttle hotel, cusss meluncur menuju penginapan, Ka***la di Sanur. Front office
yang menyambut kami menjelaskan semuanya dengan super ramah, kemudian mengantar
kami ke kamar. Kami mendapat kamar di lantai dasar, bagian depan dari hotel,
judulnya one bedroom suites, dipilih karena review nya yang oke dan gambarnya
yang menggoda…tapi oh tapi kok tidak sesuai dengan kenyataan ya? One bedroom
suite ini besaaaaarrrr, di bagian depan ada Jacuzzi nya, kemudian ada pintu
kaca yang memisahkan ruangan ber-jacuzzi dengan kamarnya. Kamar terdiri dari ruang
duduk dengan sofa yang besar, ranjang yang super empuk, kamar mandi yang
terdiri dari 2 wastafel, bath tub, dan standing shower. Kemudian di bagian
belakang kamar sedikit space untuk lemari pakaian yang terdiri dari 4 pintu.
Masalah pertama adalah cukup banyak nyamuk di dalam kamar, (sehingga)
disediakan obat nyamuk semprot dan elektrik (yang tidak berfungsi), lalu salah
satu wastafel bocor (sehingga) membasahi lantai ketika digunakan. Buat saya
yang cukup sensi dengan bau-bauan, kamar ini menguarkan aroma yang kurang sedap,
aroma apek, not too mention the sofa,
ampyun dijeh! Berhubung sudah malam, cape, laper (dan ternyata room service nya
ngga 24 hour sodara-sodara – oh no! Kami pun order Mc Donald aja gitu deh…)
saya pun tertidur dengan manisnya.
Day 1 – Back and forth Monday
Subuh-subuh si Adik rewel, nangis
kejerrr, diajak keluar sama Ayah, tapi ngga lama balik ke kamar, si Adik ternyata
gumoh, tapi udah ngga nangis…kembung kayanya si doi, habis itu dia anteng dan
mulai celingak celinguk. Tak lama Kaka pun menyusul bangun, dan kami siap-siap untuk
sarapan.
Ayah, Kaka sama Adik sudah
duluan, saya menyusul kemudian. Sampai di tempat makan – yang berdekatan dengan
kolam berenang, saya bertanya sama si Ayah, “Makannya dimana Yah?”
“Itu pesan disana,” sambil
menunjuk ke arah bar.
“Loh, ngga buffet?”
“Engga.”
doengggggg…buat saya yang penyuka
makan, sarapan buffet di penginapan adalah salah satu hal yang saya nantikan
dengan sepenuh hati (weks…) ketika mengetahui sarapannya ternyata ala carte,
rasanya dunia ini runtuhhh – maafkan paragraph yang amat lebay ini ya…
Singkat cerita, saya sangat tidak
puas dengan si penginapan, dan mengajak Ayah buat cari penginapan lain. Ayah
setuju-setuju aja. Setelah sedikit berbelit dengan front office, kami pun
diijinkan untuk check out. Browsing-browsing dan tanya-tanya, pilihan pun
dijatuhkan kepada Novotel Nusa Dua, yeayy! Bye bye nyamuk!
Mandi-mandi, beres-beres dan
siap-siap, jemputan tlah datang, tante tesitel Henny yang cantik dan baik hati
sudah menanti, siap mengantar kami berkeliling Bali…huhuy! Agenda pertama adalah mencari
makan siang, tante Henny mengusulkan makan di Ayam Betutu Gilimanuk, setuju aja
deh, laper melanda dengan dahsyat ini…
Ternyata Bali itu panas ya
sodara-sodara (dikira kaya Bogor kali ya – hadeuh…) alhasil saya salah kostum
dengan gamis panjang berbahan spandek, pun si Kaka yang saya bekali dengan
atasan-atasan lengan panjang. Saking gerahnya, si Kaka sampe buka atasan dan
hanya mengenakan kaos dalam ketika sedang makan di Ayam Betutu.
Oya, kami memesan ayam betutu
kuah, bebek betutu kuah, ayam goreng, dan soto Surabaya. Buat saya, ayam betutu
kuahnya enak, tapi ngga ruar biasa, malah lebih ruar biasa si kangkung, sambel,
dan kacang. Soto surabaya nya enaaakkk dan seger…
Selesai makan, saya minta diantar
mencari baju (besok agendanya mau ke pulau penyu, ngga kebayang naik perahu
dengan gamis spandek, panas-panas pula) si Kaka pun juga perlu beli kaos lengan
pendek yah…wokeh, tante Henny siap mengawal kemana pun hehehe…selesai mencari
baju di Discovery Mall yang cukup melelahkan, waktu sudah menunjukkan pukul 3
sore (kurang lebih)…ihiks, belum kemana-mana inihhh…langsung tancap gas ke Bird
Park.
Bird park nya jauuuhhh dari Kuta
euy…sampe sana udah jam 4 ajah, gerimis pula, dan ngga bawa payung…kata mba
yang jual tiket, “Semua show sudah habis bu, kami tutup jam setengah 6, sayang,
besok aja kesini lagi…” yah apa boleh dikata…
Kami pun mengantar tante Henny
pulang ke Sanur dan melanjutkan perjalanan menuju hotel, cape to the max!
Alhamdulillah hotelnya sesuai dengan harapan dan nyaman. Cepet-cepet mandi,
makan, dan segera tiduuuurrrr…sambil sebelumnya ngomong ke Ayah, “Yah, besok
kita di hotel aja ya, berenang, ke pantai, ngga usah kemana-mana deh…” Ayah
langsung setuju, cape juga si doi soalnya hehehe…
Day 2 – Relaxing and enjoying
Pagi ini saya dag dig dug menanti
breakfast – again, lebay…daaannn kenyataannya sungguh membuat hati saya
berbunga-bunga! Berbagai macam makanan terhampar di depan mata, cihuyyyy!!
Selesai sarapan yang super santai, kami berangkat ke pantai. Novotel memiliki
private beach yang ditempuh dengan menaiki shuttle (disediakan oleh hotel) –
ngga jauh sih, ngga sampe 5 menit juga sampe. Pantainya bersih, ngga rame, tapi
ada beberapa tukang dagang (yang menawarkan sarung sama si Ayah, kata Ayah
sarungnya mahalll). Buat saya yang jarang sekali ke pantai, ombak disini cukup
menggetarkan jiwa – si Kaka hampir lepas dari pegangan saya ketika sedang
bermain ombak. Si Kaka pun langsung menangis dan ngambek ngga mau main ombak
lagi, dan memilih bermain pasir di pinggir. Saya dan Adik tidak berlama-lama di
pantai, cukup panas buat si Adik dan tampaknya ia pun mengantuk. Kami berdua
kembali ke hotel, Kaka dan Ayah tetap di pantai. Dalam perjalanan pulang Adik
pun tertidur.
Sore harinya, Ayah mengajak
jalan-jalan ke arah Kuta, cari makan dan mengambil pesanan kue lapis di Lapis
Harum yang buat saya super duper enak. Pengennya sih nyobain kuliner khas Bali,
yang kalo dari browsing modelnya tuh warung-warung gitu. Tapi apa daya, Kaka
ngajaknya makan di tempat AC, ke mall lagi deh kita (hiks…)
Pilihan kali ini adalah Mal
Galeria, yang ternyata cukup nyaman ya… ada taman terbuka di tengahnya dengan bangku-bangku
di taman tersebut. Ada juga mainan anak-anak berupa kereta, si Kaka dan Adik
sempat mencoba naik kereta tersebut. Mal ini tidak terlalu besar, pilihan
makanan pun cukup beragam. Kami memilih makan di Bakmi Naga (di Bogor juga ada
padahal…)
Selesai makan, kami kembali ke
hotel. Dalam perjalanan kembali ke Nusa Dua, saya melihat retoran padang yang
cukup besaaarrr, Natrabu namanya, padahal dari kemaren malem kepengen makanan
padang… ko ya ngga kelihatan sih… sampe di hotel, basuh-basuh dan istirahat,
Alhamdulillah hari ini cukup menyenangkan… mari kita tidur…
Day 3 – It’s time to go home
Rutinitas pagi seperti biasa,
mandi, sarapan dan siap-siap pulang. Kaka masih sempat berenang sebentar di
kolam kecil yang baru saja ia temukan. Ayah masih mengajak mampir ke Lapis
Harum, mau beli buat orang kantor katanya, bukan sekalian kemaren si Ayah mah…
tapi sepertinya ngga keburu, daripada ketinggalan pesawat… untungnya ada tante
tesitel Henny yang super baik hehe… tante Henny nawarin buat beliin si Lapis
Harum ini, sip lahh…
Dari hotel ke bandara ternyata
hanya 15 menit saja, deket, lancar, ngga pake macet, nikmatnya… ketemu tante
tesitel Henny, cupika cupiki, foto-foto dan saying goodbye, makasih banyak ya
tante, uda ditemenin jalan-jalan, disewain mobil, dan dibeliin kue. See you
soon ya… di Bali lagi kah, Jakarta atau Bogor? Hehe…
Bandara Ngurah Rai yang sudah
renovasi menawarkan banyak jajanan dan kuilner yang tampaknya menggoda selera…
tapi saya terlalu cape untuk mampir-mampir lagi, jadilah cuma duduk di waiting
area sambil gendong si Adik yang bobo (kemudian cenghar di pesawat dan ngga
bisa diem -_-‘). There goes my holiday, Alhamdulillah.
Notes
Liburan ke Bali nya sangat tidak
sesuai dengan itinerary, bahkan bisa dibilang tidak ada itinerary yang
terlaksana. Kayanya kalo liburan bawa balita dan bayi, stay di hotel aja cukup
kali ya, berenang-berenang, main ke pantai, leyeh-leyeh… tapi ada faktor salah
kostum juga sih kemaren, jadi ada sebagian waktu yang kepake buat cari baju,
yang mustinya bisa dipake buat jalan-jalan di Bird Park (mungkin) secara udara
Bali begitu membaraaaa… yah mudah-mudahan bisa jalan-jalan ke Bali lagi deh –
atau ke tempat lain juga ngga papa… amiinn… colek si Ayah hehe…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar